Intip Cara Kasih Uang Tip Buat Petugas Hotel yang Super Ramah Sama Kamu



sumber:mediaperbankan.com

Ke manakah destinasi liburanmu di long weekend mendatang? Setelah dapat tiket pesawat promo dengan harga yang bikin tenteram, jangan lupa booking hotel terbaik dengan pelayanan bersahabat, tapi harganya tetap bermasyarakat. Ngomong-ngomong soal hotel itu nggak lepas dari uang tip. Ada banyak film-film yang menunjukkan bagaimana para room boy selalu dapat uang tip, entah itu diberi langsung atau dengan cara mengingatkan tamu terlebih dahulu supaya ingat dengan uang tersebut. Di beberapa negara, tamu biasanya otomatis memberikan uang tip sebagai ucapan terima kasih. Tapi di negara-negara lain, seperti Indonesia, masih banyak yang kebingungan. Apakah perlu memberikan tip?

Nggak ada salahnya memberikan apresiasi atas bantuan pihak hotel berupa uang tip. Tapi untuk yang bingung harus bagaimana, atau kasih berapa, berikut ada sedikit bocoran tentang cara kasih uang tip buat petugas hotel yang super ramah sama kamu.

Langsung Tanya, Boleh atau Tidak Kasih Uang Tip
Banyak hotel yang melarang pegawainya menerima uang tip tapi nggak memberi peringatan pada tamu. Akibatnya, justru tamu dan pegawai yang salah paham. Daripada bingung tapi pengen ngasih uang tip, tanyakan kepada bell boy atau room boy, apakah boleh memberikan tip kepadanya. Pasti dia bakal memberikan penjelasan yang baik karena tahu niatan tamu juga baik.

sumber:magazine.job-like.com

Tanya di Media Sosial
Malu bertanya langsung pada bell boy atau room boy? Tenang, masih ada media sosial dengan jutaan warganet yang siap memberikan jawaban atas kegalauanmu selain berburu tiket promo pesawat Traveloka. Apalagi kalau kamu ikut komunitas traveler, pasti bakal lebih mudah menemukan solusi. Mungkin ada salah satu atau beberapa di antara mereka yang pernah di hotel yang sama denganmu. Nah, mereka bisa menjadi bantuan bagimu.

Masukkan dalam Pos Anggaran Liburan
Supaya nggak mengeluh kekurangan duit saat liburan, pertimbangkan untuk memasukan pos memberi uang tip dalam anggaran liburan di samping pos membeli tiket promo pesawat. Dengan begitu, kamu tahu berapa duit yang harus diperlukan sehingga pengeluaran akan tetap terkontrol dengan baik. Kamu bisa cek nilai kurs sebagai ukuran seberapa besar uang yang akan kamu berikan sebagai tip.

Kalau Ingin Memberi, Siapkan Uang Kecil
Jangan sampai terjebak dengan situasi, ingin memberi tapi cuma ada uang ‘besar.’ Biar lebih aman, tukarkan uang-uang bernilai besar dengan nominal-nominal kecil yang nantinya bisa kamu gunakan sebagai uang tip.

sumber:panduanwisata.com

Berapa Uang Tip yang Pantas Diberikan?
Berapa yang biasa kamu berikan sebagai uang rokok pada orang yang sudah membantumu? Tentunya memberi uang tip nggak boleh terlalu royal karena bakal merusak anggaranmu sendiri. Toh, para bell boy atau room boy juga bakal tetap bekerja maksimal, sepenuh hati mereka. Mungkin, tip yang pas untuk membeli segelas kopi bakal diterima dengan baik.

Pakai Mata Uang Lokal
Tips terakhir, tentu saja, berikan tip dalam mata uang lokal. Jangan memberi dengan Rupiah, kecuali sang penerima senang dengan mata uang-mata uang dari negara lain.
Itulah beberapa solusi kalau kamu dibenturkan dengan situasi, “Apakah perlu memberi uang tip?” Semoga nggak canggung lagi untuk menyodorkan apresiasi buat pelayanan yang, menurutmu, memuaskan.


Komentar

  1. Kalau pelayanannya ok kadang nggak tega kalau nggak kasih uang tips buat mereka. tapi saya jarang tanya boleh kasih atau nggak, cuma selesai bayar biasanya saya kasih uang kecil 10-20rb sambil bilang makasih

    BalasHapus
  2. Aku jarang menginap di hotel sih, jadi kalau mau kasih tip sama bell boy ya seadanya yang di saku. Tapi kalau restoran aku berasa wajib kasih. Biasanya tergantung dari berapa yang aku habiskan. Misalnya aku habiskan 300.000 ribu, maka tip jadi 30 ribu, begitu 😊

    BalasHapus
  3. Selama ini nggak pernah kepikiran untuk menyimpan khusus buat tips. seringnya, klo ada uang pecahahn kecil aku simpen secara otomastis untuk kasih tips.

    BalasHapus
  4. Wah bener juga ya, lebih baik ditanyakan dulu. Kadang aku suka kepingin ngasih, berhubung udah dibantu juga. Tapi bingung boleh nggak ya, sopan nggak ya

    Oiya, klo boleh tahu biasanya yg pantas itu ngasih berapa ya untuk tips (baik di Indonesia ataupun pas di luar negeri), mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan komen yang baik ya, kritik dan saran positip kami tunggu