Selamat Hari Anak Nasional



Memiliki anak dalam sebuah keluarga merupakan salah satu tujuan, karena sebuah pernikahan salah satunya berfungsi untuk menjaga keberlangsungan keturunan. Siapa sih yang tidak bahagia jika memiliki seorang anak, saya yakin bahwa semua orang tua akan bahagia ketika dikarunia seorang anak, karena anak merupakan salah satu anugerah yang paling besar yang diberikan oleh Allah.



Kehadiran anak dalam keluarga merupakan pelengkap kebahagiaan dalam bahtera rumah tangga. Namun sayang saat ini begitu banyak kita mendengar dan saksikan, banyak anak yang disia-siakan oleh orang tuanya sendiri. Mulai dari yang masih dalam kandungan ibunya, hingga ketika anak itu sudah dilahirkan ke dunia ini. Di Indonesia sendiri sudah tak terhitung lagi ibu yang tega melakukan aborsi karena hamil di luar nikah, atau orang tua yang tega membuang bayinya begitu saja di tempat sampah karena alasan takut tidak bisa merawat dan membesarkannya. 


Sementara itu di sisi yang lain, tak sedikit pula pasangan suami istri atau orang tua yang sangat mendambakan kehadiran anak, tetapi masih juga belum diberikan kesempatan oleh Allah untuk memegang amanah mulia tersebut. Sehingga sungguh sebuah ironi jika ada orang tua yang tak bahagia ketika mendapatkan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah yaitu seorang buah hati (anak).

Jika ada orang tua yang tidak bahagia ketika dikarunia seorang anak, maka orang tua tersebut bisa disebut tidak normal. Apalagi jika ada orangg tua yang menyia-nyiakan anak, mentelantarkan, menyakiti, apalagi tega membunuh anaknya sendiri maka orang tua tersebut bisa disebut sebagai orang tua yang tidak waras alias gila. Fakta terbaru ada orang tua meskipun orang tua angkat yang tega membunuh anak asuhnya demi mendapatkan harta warisan patut disayangkan.

Keberadaan anak dalam sebuah keluarga bukan hanya dapat memberikan kebahagiaan dan ketenangan bagi orang tua. Namun disisi yang lain keberadaan anak juga memberikan konsekuensi kepada orang tua agar bertanggungjawab atas keberlangsungan hidup anak tersebut baik dalam segi ekonomi, sosial, utamanya adalah masalah pendidikan anak tersebut. Oleh sebab itulah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang cukup kepada anak merupakan kewajiban orang tua agar kelak ia menjadi generasi yang mampu menghadapi tantangan zaman. 

Anak merupakan anugerah sekaligus titipan dari Allah yang harus kita jaga dan kita didik dengan sebaik mungkin, karena anak adalah investasi masa depan kita. Bukan hanya investasi di dunia tapi juga di akhirat kelak. Bukankah dalam ajaran Islam sudah dijelaskan bahwa anak yang soleh/solehah akan menjadi penyebab orang tua masuk surga? Oleh sebab itulah mari kita menjaga anak dengan sebaik-baiknya sejak masih dalam kandungan hingga ia lahir, beranjak remaja hingga ia dewasa.
 
Tugas orang tua kepada anak tidak hanya memberinya semua kebutuhan dunianya semata, akan tetapi yang lebih penting lagi kewajiban bagi orang tua untuk memberikan anak semua kebutuhan ukhrawinya yaitu memberinya pendidikan agama sebaik mungkin. Anak itu ibarat sebuah kertas putih dan polos yang siap dicorat-coret oleh orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua memiliki tanggungjawab untuk mengisi kehidupan anak dengan hal-hal yang baik dan menjauhkan dari hal-hal yang buruk agar kelak anak menjadi seorang pribadi yang baik bagi dirinya, orang tua maupun bagi masyarakat.

Oleh sebab itulah, mulai dari sekarang marilah menjadi orang tua yang terbaik untuk anak kita, menjadi contoh dan teladan yang terbaik bagi buah hati kita agar kita bisa mengantarkan mereka ke dalam kebaikan dan kemuliaan. Mulailah dari sekarang atau tidak sama sekali. Selamat Hari Anak Nasional!!!.

Komentar

  1. met hari anak nasional..memang peran keluarga sangat penting untuk tumbuh kembang anak ya mbak:) smoga tidak ada lagi kasus penelantaran anak

    BalasHapus
  2. Selamat Hari Anak Nasional!!! Semoga para orang tua dan orang dewasa semakin memahami arti penting menyayangi dan mendidik anak.

    BalasHapus
  3. Dan menajdi orang tua terbaik adalah impian kita semua.. Selamat hari anak nasional..

    BalasHapus
  4. Semoga anak-anak kita bisa jadi anak yang baik dan berguna bagi orang lain yaa. AMIIINNN

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan komen yang baik ya, kritik dan saran positip kami tunggu