Berbagi Tanggung Jawab dengan Anak



Bunda pasti setuju bahwa membahagiakan anak nggak bisa disamakan dengan memanjakan anak. Yang pertama wajib dilakukan setiap orang tua, sedangkan yang kedua sebaiknya nggak diterapkan, terutama pada anak balita seperti Noofa. Di usia-usia inilah anak-anak merekam kebiasaan yang berlangsung di sekitar mereka dan membawanya sampai dewasa. Tentu Bunda nggak mau putra-putrinya nanti tumbuh menjadi remaja yang nggak tahu tentang urusan-urusan sederhana, seperti takaran deterjen untuk mencuci pakaian, cara menjemur baju yang benar, apalagi menyetrika. Bunda sendiri juga yang akan kecapaian kalau mereka nggak mau mencuci pakaian mereka sendiri, membersihkan rumah, bahkan mencuci piring mereka sendiri.

Dibandingkan anak zaman dulu, kebanyakan anak masa kini memang lebih difokuskan pada tanggung jawab belajar dan belajar, mengerjakan PR sekolah, les ini les itu. Semakin sedikit orang tua memberi anak tanggung jawab mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, semisal mencuci pakaian, menyapu, dan mengepel. Padahal menurut hasil penelitian, orang tua yang nggak memberi anak tanggung jawab tugas-tugas di rumah sebenarnya malah memperlambat perkembangan si anak. Hayo… Bunda pilih mana?


Lalu, bagaimana melatih anak mengerjakan tugas rumah tangga?


Menurut banyak sumber, mengajarkan tanggung jawab rumahan sebaiknya dimulai ketika anak masih balita karena dalam masa ini anak memiliki rasa penasaran dan keinginan untuk membantu yang tinggi. Tentu saja Bunda nggak bisa melibatkan si kecil dalam pekerjaan-pekerjaan yang berurusan dengan benda-benda tajam, panas, dan bahan-bahan kimia seperti deterjen.

Sering kali kita melihat si kecil duduk di dekat kita ketika kita sedang membereskan cucian. Daripada meminta mereka bermain sendiri, lebih baik ajak si kecil ‘bermain’ bersama kita. Misalnya, minta mereka mencocokkan pasangan kaus kaki yang sudah kering atau memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Cukup sampai di sini untuk urusan cuci-mencuci, memasukkan deterjen dan menyetrika perlu Bunda kerjakan sendiri.

Selain cuci-mencuci, masih banyak tugas-tugas lain yang bisa melibatkan si kecil. Contohnya, membereskan mainan mereka sendiri, memetik sayuran, dan membawa alat makan mereka ke dekat tempat cuci piring setelah makan. Wajar kalau Bunda menjadi gemas atau geregetan karena si kecil mengerjakannya sangat lambat, tapi Bunda akan menuai hasilnya di kemudian hari.

Seiring pertumbuhan usia mereka, Bunda bisa meningkatkan keterlibatan mereka, jadi membantunya nggak setengah-setengah lagi tapi sampai tuntas. Dengan target mereka bisa mencuci baju sendiri pada umur 11 atau 12 tahun, bayangkan betapa lebih ringan tugas Bunda. Pada usia itu, Bunda sudah bisa lepas tangan urusan cuci-mencuci pakaian anak karena Bunda sudah menanamkan ajaran “pakaian kamu, tanggung jawab kamu dari memilih deterjen sampai menyetrika.”

Melatih anak-anak mengerjakan tugas rumah tangga nggak cuma untuk ibu rumah tangga yang punya lebih banyak waktu di rumah. Pembelajaran ini justru sangat baik untuk para orang tua yang sibuk bekerja di luar rumah karena bisa menjadi kesempatan berharga menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan si kecil. Punya asisten rumah tangga atau nggak, melatih tanggung jawab anak tetap sangat perlu dilakukan. Dan membiasakan anak mengerjakan tugas-tugas rumah tangga nggak sama dengan mengeksploitasi anak. Beda ya Bun…

Komentar

  1. saya setuju mbaak.. dari kecil saya ikuk mbah uda biasa buat nyapu nyuci sampe ambil air dari telaga pake jurigen, maklum tinggal di desa. tapi semua kebiasaan itu bikin saya gak males pas gede gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ayu.. Kalo udah biasa kerja keras mah insya Allah ga males pas udah gedenya...

      Hapus
    2. Iya mbak Ayu.. Kalo udah biasa kerja keras mah insya Allah ga males pas udah gedenya...

      Hapus
    3. Berarti ngelatih sejak kecil emang bener yak, aku kira cuma mitos

      Hapus
  2. boleh dicoba nih tips mengajari balita mengerjakan pekerjaan rumah tangga :)

    BalasHapus
  3. Anak sekecil Noofa atau Thifa emnag suka ngotot pengen bantu maknya, bahkan utk pekerjaan yang mungkin belum bisa ia tangani sekalipun, kalo udah gede mudah2an tetep gitu ya hehehe

    BalasHapus
  4. Anakku baru 3 tahun, seringnya bantu nyapu-nyapu, niatnya pengen bantu cuci piring tapi malah jadi main air. Bener ya mbak, dari kecil memang harus dibiasakan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anaku zef masih 3 bulan mbak, jd ga sabaran pengen cepet gede trs bisa bantu2

      Hapus
  5. Dari kecil uda harus diajarin bersihin rumah ya, Mbak.. Biar pas uda gede bisa terbiasa.. :D

    Aku males sih nyapu-nyapu.. Tapi kalok cuci piring ya kerjaan ku. Hihihi :P

    BalasHapus
  6. kudu dilatih sejak kecil ya mb, biar nda manja...

    BalasHapus
  7. Alah bisa karena biasa, kalau anak sudah dikenalkan pada suatu kegiatan termasuk tanggung-jawabnya pasti dewasa kelak akan terbiasa. Salut!

    BalasHapus
  8. Boleh iya aku belajar dari mba noofa yang sudah berpengalaman mengurusi anak menurutku. Berhubung aku belum punya anak dan belum menikah ini bisa menjadi pelajaran buat hidupku kedepannya. Dan anak harus diajarkan dari kecil supaya udah gede juga terbiasa melakukan hal-hal yang baik :)

    BalasHapus
  9. iya mbak bener...memang hrs dilatih sejak dini..sy jg sdh mulai melatih anak sy yg besar untuk mulai bertanggung jwb mulai hal2 kecil..folbek ya :)

    BalasHapus
  10. iya kasian juga kalo anak udah besar belum terbiasa bersih-bersih, suatu hari nanti kan anak harus mandiri bahkan punya tempat tinggal sendiri ^^

    BalasHapus
  11. aku diprotes Faiz karena menggunakan cairan pemutih untuk membersihkan baju putihnya yang ada sedikit warnanya, tuuu mii warnanya hilang jadinyaa..pake "....ssssst" hihiii. Seru ya kalau melibatkan anak

    BalasHapus
  12. Anak itu buah hati
    Selalu ingin dimengerti
    Dan mau tahu serta diajari
    Bahkan suka meniru yang dilihat sendiri...

    Salam bulan suci!

    BalasHapus
  13. sekarnag suaminya gemukan ya mbak *basa-basi macam apa ini

    ooh, berarti yang dilakukan mbak saya bener ya mbak, anaknya kelas 5 SD, cowo. disuruh nyapu, cuci piring, dan masak nasi,

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan komen yang baik ya, kritik dan saran positip kami tunggu