Fakta Tentang Susu Kotak untuk Anak-Anak


Usia Noofa kini sudah 2 tahun 2 bulan, tapi belum juga mau lepas ASI, namun selain ASI saya juga memberi Noofa susu lain seperti susu formula atau susu kotak. Tapi ya itu dia, Noofa nggak begitu suka dan nggak pernah langsung habis. Nggak semua balita suka minum susu, padahal banyak manfaat susu yang perlu mereka peroleh. Vitamin dan mineral penting yang bisa didapat dari berbagai sumber hampir semuanya ada di dalam susu. Biasanya anak-anak nggak suka susu karena rasa enek dan ingin muntah sesudah meminumnya. Kebanyakan rasa mual ini timbul dari susu putih, baik cair maupun bubuk. Nggak heran kalau anak-anak lebih memilih susu berasa, misalnya cokelat dan stroberi. Hampir semua susu berasa semacam ini dijual dalam kemasan kotak siap minum.

Memberi anak-anak susu kotak nggak ada salahnya daripada mereka nggak minum susu sama sekali. Bunda pun nggak perlu repot merebus air buat bikin susu. Salah satu kekurangan kemasannya yang terbuat dari karton adalah mudah menyemprotkan susu melalui sedotan kalau kotaknya diremas terlalu kuat. Jangan panik kalau ini terjadi asalkan Bunda tahu cara mencuci dengan mesin cuci buat menghilangkan nodanya di baju. Memarahi anak malah bisa membuat mereka nggak mau minum susu lagi. Memang benar, Bunda juga perlu memperhatikan kandungan pemanis dalam susu kotak untuk mengendalikan konsumsi gula si kecil. Oleh karena itu, simak fakta-fakta berikut ini supaya Bunda tahu lebih banyak tentang susu kotak.


Apa perbedaan susu kotak dan susu biasa?

Ada dua jenis susu cair yang dijual dalam kemasan siap minum, yaitu susu segar dan susu UHT (ultra high temperature). Gampang saja mengenalinya. Jenis pertama hampir pasti hanya dipajang di rak dengan pendingin di toko-toko dan punya masa berlaku pendek. Susu cair yang dijual keliling kebanyakan termasuk jenis segar. Jenis kedua dipajang di rak biasa dan punya masa berlaku panjang. Bunda nggak perlu menyimpan susu UHT di kulkas sampai kotaknya dibuka. Susu jenis ini diproduksi dengan mesin berteknologi canggih melalui proses pasteurisasi pada suhu sangat tinggi untuk membunuh bakteri dan dikemas dalam kotak kedap udara, kedap cahaya, dan kedap kontaminasi yang merugikan. Kualitas susu UHT bisa bertahan sampai enam bulan, tapi sekali kotaknya dibuka, Bunda harus menyimpannya di dalam kulkas dan cepat menghabiskannya.

Apa persamaannya?

Keduanya sama-sama kaya kalsium serta vitamin dan mineral yang mungkin terlewatkan dari menu makan sehari hari si kecil. Dan yang paling utama, dua-duanya merupakan sumber protein yang baik buat anak-anak. Bunda nggak perlu khawatir kalo susu tumpah ke pakaian. Noda tumpahan susu kotak berasa dan berwarna nggak sulit kok dihilangkan. Ikuti saja cara mencuci dengan mesin cuci dengan bantuan deterjen berenzim yang cocok buat noda protein seperti ini. Tentu Bunda juga harus menuruti petunjuk perawatan pakaian yang bernoda. Selain itu, kedua jenis tersebut memiliki pilihan varian rendah lemak.

Kandungan gizi

Umumnya, setiap kotak susu cair 240 ml mengandung 8 gram protein dan 9 nutrisi penting: kalsium, vitamin A, D, B12, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, niacin, dan seng. Gabungan semua unsur-unsur ini memenuhi hampir setengah kebutuhan vitamin yang direkomendasikan buat anak-anak. Berikut ini panduan konsumsi susu yang dianjurkan untuk anak-anak:
-          Usia 2-3 tahun: 500 ml
-          Usia 4-8 tahun: 625 ml
-          Usia 9-18 tahun: 750 ml

Bagaimana dengan kandungan gulanya?

Susu kotak dengan rasa memiliki kandungan gula lebih banyak. Meskipun demikian, para pakar di Amerika Serikat setuju bahwa susu berasa merupakan pilihan yang lebih baik daripada minuman bersoda, jus dalam kemasan, atau minuman energi.

Komentar