Ruam Popok Pada Bayi

Sebulan terakhir ini Noofa sedang sakit, kali ini Noofa terkena penyakit yang bernama ruam popok. Apa sih ruam popok itu? Sebagian besar seorang ibu pasti tau bila anaknya pernah terkena ruam popok. Ruam popok adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan karena banyak hal. Ruam popok biasanya terjadi di area sekitar popok, seperti dilipatan, di pantat, di sekitar perut dan juga disekitar kemaluan. 

Ruam yang terjadi pada Noofa bermula dari ganti merk diaper, mungkin karena Noofa tidak cocok dengan merk diaper tertentu yang berakibat Noofa alergi dan menjadi ruam. Semakin hari, ruam Noofa semakin menjadi. Umy sudah berikhtiyar dan memeriksakan Noofa ke dokter specialis Anak, akan tetapi ketika diberi obat salep, ruam Noofa makah semakin menjadi warnanya tebal dan merah, sampai umy pun tidak tega. Beruntungnya Noofa tidak rewel seperti halnya Noofa tidak merasa gatal ataupun sakit.
ruam popok yang terjadi pada Noofa
Sampai hampir sebulan ruam itu tidak kunjung sembuh pula, umy sudah mencari tau bagaimana cara mengatasinya dengan cara tanya ke apoteker, ke dokter, ke perawat, ke bidan dan juga ke teman-teman mungkin ada masukan dan saran tepat untuk umy. Pada suatu ketika umy merasa bahwa ini tidak bisa dibiarkan, mungkin memang obat yang selama ini untuk pengobatan masih kurang tepat untuk Noofa hingga tidak kunjung sembuh akan tetapi malah semakin menjadi. 

Esok harinya Noofa umy bawa ke dokter specialis kulit dan kelamin. Ternyata benar bahwa ruam Noofa itu sudah kronis, sudah terinfeksi jamur sehingga menyebar hingga keseluruh area pantat. Noofa pun diberi obat salep dan sirup anti radang, Alhamdulillah pengobatan selama tiga hari hasilnya sudah bisa terlihat, ruam Noofa sekarang sudah kering dan berangsur sembuh.

Selain karena alergi oleh merk diaper tertentu, ruam popok disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya terlalu lembab, terkena gesekan hingga terluka, infeksi bakteri, infeksi jamur, dan kulit terlalu lama terkena urine atau feses. Ruam popok biasanya terjadi pada bayi diusia 8 bulan, karena diusia ini bayi biasanya sudah banyak gerak, bila bayi gerak maka akan banyak gesekan bila bayi tersebut menggunakan diaper.

Jagalah kebersihan selalu, bila ananda bunda ada yang terkena ruam, pertolongan pertama bisa dengan mengeringkan bagian yang terkena ruam dengan cara dikipas atau tidak memakaikan celana, biarkan dia kering dan tidak lembab, oleskan salep/baby cream yang mengandung zinc oxide. Bila tidak kunjung hilang ruamnya dalam waktu 7 x 24 jam, sebaiknya bunda membawanya ke dokter specialis Kulit dan Kelamin supaya langsung mendapatkan penanganan yang pas. Jangan sampai pengalaman buruk saya ini menimpa pada buah hati anda. :)

SALAM SEHAT SELALU :)

Komentar

  1. Bunda klo boleh tau dedeknya dikasih salep apa ya, baby saya ruam udah hampir seminggu, udah membaik, eh malah ruam lagi, udah pke bby cream dll ��

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan komen yang baik ya, kritik dan saran positip kami tunggu