Tips Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin. Bisa dikatakan, banyak manusia yang membutuhkan kipas angin, terutama di kota besar, tanpa kipas angin sulit rasanya untuk tidur atau beraktivitas di dalam rumah. Sebenarnya menggunakan kipas angin ada efek sampingnya, namun setidaknya benda yang ditemukan ribuan tahun lalu ini memiliki beberapa manfaat.

Kipas angin ini biasanya menjadi salah satu benda yang disukai anak-anak, contohnya Noofa. Suka sekali menyalakan kipas angin, katanya kalau tidak menyetel kipas angin udara menjadi panas. Memang di rumah kami sebenarnya berada di daerah dingin, namun semakin ke sini udara di desa kami menjadi panas. Jadi menggunakan kipas angin adalah salah satu cara untuk menghindari panasnya udara.


Beberapa manfaat kipas angin diantaranya:

1. Dapat meningkatkan sirkulasi udara

Pemasangan kipas angin baik itu kipas angin yang diletakkan pada dinding, lantai, meja, maupun langit-langit atap dapat membantu memberikan kenyamanan pada sebuah ruangan. Ia dapat membantu peningkatan sirkulasi udara pada ruangan yaitu dengan mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan lebih segar dari luar ruangan.

2. Menghasilkan udara yang sehat

Meskipun hanya bersifat memberikan efek udara dingin pada ruangan, namun jika dibandingkan dengan penggunaan AC, penggunaan kipas angin dirasa lebih menyehatkan karena kipas angin bisa ditempatkan pada ruangan yang terbuka, sehingga tetap bisa terjadi pergantian udara.

3. Bisa lebih hemat

Sebuah kipas angin yang dipasang pada langit-langit ruangan hanya membutuhkan daya sekitar 75 watt. Hal ini menjadikan penggunaan kipas angin dapat menghemat biaya listrik.

4. Menghindarkan bau pengap pada ruangan

Ruangan yang menggunakan kipas angin biasanya akan terasa lebih segar dan nyaman karena udara dalam ruangan bisa mengalami pergantian dengan udara baru yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kipas dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menghindari penggunaan kipas angin pada saat tidur. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan yang tidak diinginkan seperti kekurangan oksigen, penurunan suhu tubuh, hipotermia, kaku pada otot, sesak nafas, mudah sakit, bahkan dapat menimbulkan kematian. Namun jika memang dalam keadaan terpaksa, hadapkanlah kipas ke arah yang lain, agar tidak langsung mengenai tubuh kita. Serta usahakan agar jarak kipas dari tempat tidur tidak terlalu dekat.

2. Penggunaan kipas angin pada bayi, dapat menyebabkan dampak buruk seperti meningkatkan sindrom kematian pada bayi secara tiba-tiba (SIDS).

3. Sebaiknya mengurangi penggunaan kipas angin pada anak-anak, karena hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan suhu tubuh pada anak, yang nantinya dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat berdampak buruk pada peredaran darah serta mengganggu transportasi makanan serta oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut tips yang penggunaan kipas angin:

1. Tidak menggunakan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup

2. Tidak menggunakan kipas angin di dalam ruangan yang tidak memiliki sistem sirkulasi udara yang baik

3. Tidak menghadapkan kipas angin tepat di wajah, karena akan sangat mempengaruhi jumlah oksigen dan karbondioksida yang ada di sekitar wajah

4. Tidak menghadapkan kipas angin langsung ke badan atau tubuh karena akan menyebabkan badan menjadi nyeri dan pegal-pegal, kalau orang Jawa menyebutnya sebagai masuk angin

5. Jika menggunakan kipas saat tidur, maka setel timer untuk mematikannya setelah 30 menit. Sehingga tidak menggunakan kipas sepanjang tidur.

6. Jika tidak memiliki kipas dengan fungsi timer, maka hadapkan kipas ke atas atau ke tembok sehingga tidak terkena langsung ke tubuh, namun kecilkan power kipasnya agar anginnya tidak terlalu kencang.

Demikian sedikit tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kipas angin. Gunakanlah kipas angin dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan anda. Selain tips di atas, saya juga mempunyai tips hemat belanja dengan hemat waktu. Bila anda memerlukan kipas angin, anda bisa membelinya di mataharimall.com, sebagai toko online kipas angin terlengkap di sana tersedia banyak jenis kipas angin dengan berbagai ukuran dan harga yang terjangkau, dapatkan juga banyak penawaran diskon di sana. Anda bisa memilih kipas angin sesuai dengan keinginan anda atau sesuai dengan budget.

Sources:

http://manfaat.co.id/manfaat-kipas-angin
http://halosehat.com/penyakit/sumber-penyakit/bahaya-kipas-angin

Komentar

  1. Itu kok ya aku banget. ruanganku sempit dan sikulasi udara sangat minim. Tidak menggunakan kipas gerak, jika menggunakan kipas terasa kembung. Ah rumah terlalu kecil. nasib nasib.

    BalasHapus
  2. Kalok pakek kipas angin mesti sering dibersihin sik, banyak debu yg nyangkut :D

    BalasHapus
  3. kipas itu kaya gitar
    gitar, kipas menyejukkan raga kalu gitar menyejukkan jiwa, eh iya ngga sih?? :D

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan komen yang baik ya, kritik dan saran positip kami tunggu