Gak Sahur

Salah satu kesunahan dalam berpuasa adalah melakukan sahur, makan sahur bahkan sangat dianjurkan bagi umat Islam saat bulan ramadhan. Karena di dalam sahur inilah terdapat keberkahan bagi orang yang menjalankannya. Bukan hanya itu saja, letak keistimewaan makan sahur adalah karena saat inilah Allah dan juga para malaikat bersalawat kepada orang-orang yang makan sahur. Selain itu makan sahur jelas penting sekali dilakukan agar besok hari ketika puasa tetap semangat dan sehat.  


Sejak aku hijrah ke Semarangf dan sebelum memiliki keluarga setiap bulan puasa aku jarang sekali makan sahur, dalam sebulan puasa bisa dihitung berapa kali aku makan sahur, bisa seminggu sahur itu pun sudah sangat bersyukur sekali. Bukannya tidak bisa bangun, sebaliknya sebagai penjaga masjid saat itu aku bertugas membangunkan orang untuk sahur lewat pengeras suara di masjid, namun biasanya aku hanya cukup minum segelas air.

Bahkan ketika aku sudah menikah, saat istri hamil dan berada di rumah sedang aku di Semarang kebiasaan tidak sahur tetap berjalan saat puasa tiba. Namun semua itu berubah saat bulan ramadhan kali ini datang, karena aku dan istri tinggal bersama. Oleh sebab itulah mau tidak mau aku harus sahur juga karena istri juga bersama-sama berpuasa. Selain itu juga, karena sekarang sudah rutin masak jadi eman-eman jika masakan istri yang lezat tidak dimakan. 
Gambar dari sini

Namun baru berjalan dua hari puasa ternyata aku akhirnya kebobolan juga tidak sahur padahal niatnya puas akali ini harus rutin sahur bersama istri tercinta. Tapi bagaimana lagi karena asyiknya tidur dini hari tadi aku dan istri tidak sahur, penyebabnya tak lain karena mengabaikan alarm yang berbunyi. Sehingga bangun-bangun sudah adzan subuh. Namanya juga nasib, akhirnya kamipun tidak sahur untuk hari yang ketiga ini, namun kami tetap bersemangat untuk menjalani puasa kami.

Bagaimanapun juga sahur merupakan hal yang penting bagi orang yang berpuasa, karena disamping sangat dianjurkan oleh agama Islam, makan sahur sesungguhnya merukan satu moment bagi umat Islam untuk bisa menjalankan ibadah yang lain yang jug utama, ibadah tersebut tak lain adalah salat malam baik itu salah tahajud, hajat, maupun salat istikharah. Yang jelas berbahagialah orang-orang yang bisa menjalankan ibadah sahur.

Komentar